SOP BUNTUT

08.51.00 Dhela Novita Anggrahini 0 Comments

Rasanya yang enak tidak bisa di elakkan dan para penikmat kuliner nusantara sudah tahu akan hal itu. Mengolahnya yang apik dan tergolong tidak butuh proses yang berbelit-beli maka bisa anda coba masukkan pada daftar menu masakan pada hari ini. Meskipun dalam hal pembuatannya yang tidak ribet tapi bahan-bahannya cukup banyak jadi perlu di ingat semuanya, kalau perlu di catat agar tidak ada yang ketinggalan. Menu masakan ini bisa jadi spesial apalagi jika disantap untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan. Tapi tidak semua orang loh suka sop buntut karena bahan dasar yang di pergunakan adalah buntut sapi.
Kandungan gizi pada sop buntut yaitu protein nya cukup tinggi dan bagus di konsumsi. Namun juga jangan terlalu sering anda bisa selang-selingi dengan masakan indonesia lainnya. Agar bisa mendapatkan kuah sop buntut yang bening dan buntut sapinya agar jadi gurih memang butuh ketelitian yang mendalam. Tidak banyak orang yang ingin mencoba membuatnya karena sudah menyerah terlebih dahulu, jadi terpaksa beli yang sudah jadi di warung makan terdekat. Bagaimana dengan kawan-kawan sukamasak.net apakah bersedia membuatnya sendiri untuk dihidangkan langsung agar keluarga tercinta bisa menyantap sop buntut untuk makan siang hari ini.
                
Sediakan terlebih dahulu bahan sop buntut seperti berikut
- 2 liter air bersih
- 4 buah wortel, potong-potong
- 1 kg buntut sapi, potong-potong dan cuci bersih
- minyak goreng untuk menumis, mungkin 2 sendok makan saja
- 3 bh kentang, potong-potong

Bumbu dari sop buntut agar rasanya lebih maknyus
- 6 siung bawang putih, memarkan
- 1 buah tomat merah, potong kasar
- 1 butir pala, memarkan
- 5 buah cengkeh
- Bumbu penyedap rasa sapi
- garam, secukupnya
- 1 sendok teh merica bubuk
- 2 cm kayu manis
- gula, secukupnya

Bahan pelengkap lainnya yang juga harus harus disediakan
- Sambal
- 1 batang daun seledri, iris tipis
- Jeruk nipis
- Bawang goreng sbg taburan

Resep Sop Buntut
  1. Rebus ekor sapi pada air panas kurang lebih 15 menit, angkat dan tiriskan.
  2. Pertama haluskan bawang puih, garam, pala dan merica kemudian tumis hingga beraroma harum.
  3. Masukkan kembali ekor sapi tersebut pada panci lainnya dengan isi air panas lagi, tambahkan cengkeh dan kayu manis. Masak hingga airnya menyusut 1/4 nya, lalu gunakan api sedang saja.
  4. Kemudian masukkan bumbu tumisan kedalam panci tersebut, aduk-aduk agar merata.
  5. Tambahkan juga wortel, irisan kentang dan masak hingga matang dan empuk
  6. Lalu tambahkan garam, gula dan penyedap rasa secukupnya sesuai selera anda agar pas. aduk kembali hingga rata dan angkat.
  7. Sekarang sudah siap disajikan pada mangkuk saji dan tambahkan bahan pelengkap sop buntut.

Agar lebih mantap nikmati sop tersebut dalam keadaan masih hangat oleh karena itu kalau sudah tahu resep cara membuat sop buntut sapi enak tersebut maka ada bagusnya langsung coba saja ya kawan. Sangat segar sekali jika di tambahkan juga bahan pelengkap seperti jeruk nipis dan sambalnya, pokoknya maknyus banget deh. Bagaimana gampang saja bukan jika rasa kuahnya terasa hambar maka anda bisa menambahkan bahan bumbu seperti garam, gula ataupun penyedap rasa yang bisa anda sesuaikan sendiri.

0 komentar: